Script Writing Workshop #1

3:17 AM


Akhirnya, hari yang ditunggu-tunggu datang juga. 
Sabtu, 26 April 2014, adalah hari pertama kelas Script Writing Workshop
It will be so much fun...gue meyakinkan diri sendiri, meskipun sebenarnya no clue akan seperti apa workshop tersebut berlangsung, siapa saja yang ada di kelas (which is gue berpikir apakah gue bisa nyambung sama mereka yang konon katanya anak-anak creative writing itu gaol-gaol abis sedangkan gue ya gini-gini aja), dan terutama gimana trainernya itu ngajar...

Sekitar jam 10 kurang lima belas, gue udah nyampe tkp. Alhamdulilah, ga pake nyasar, malah gue nemu rute paling menyenangkan untuk bisa sampai tkp tepat waktu. Alhamdulilahhh..

Sampai di tkp, yang merupakan sebuah rumah di Jl. Puri Mutira 2, yang sudah berubah fungsi menjadi kantor, sudah ada dua orang yang sepertinya juga ikutan kelas skenario. Setelah nunggu beberapa saat, satu, dua, tiga orang lainnya datang. Yipiy, ada 4 orang perempuan, dan tiga orang laki-laki yang ikut kelas ini. Di antara mereka, cuma gue doang yang nyasar jauh profesinya. Ada fotografer, Wartawan, Copy Writer di TV yang cukup terkenal, Penulis (yang salah satu tulisannya pernah gue baca), dan juga fresh graduate lulusan  Sastra Inggris. Lah gue...? Lulusan Statistika yang kerja di Perusahaan Asuransi dan sekarang nyasar ke kelas nulis skenario, hehe

Saat ditanya, apa tujuan ikutan kelas ini, gue cuma bisa jawab, "Gue ingin belajar, karena pada dasarnya seneng eksis lewat tulisan, dan ingin menghasilkan sesuatu dari kegiatan ini..." Semoga Allah memudahkan jalan menuju ke sana, Amin ya Rabbal Alaminnnn

Well, trainer workshop ini adalah Bang Aris - Salman Aristo. Setelah gue googling, Insya Allah Bang Aris ini sangat mumpuni dengan dunia creative writing, karya-karyanya udah banyak banget dan yang pasti berkualitas. Sekarang ini dia juga menjajal kemampuannya sebagai produser (semoga aja ya tulisan gue bagus dan bisa dipake sama dia, Aminnnn....)

Bang Aris bilang, jadi seniman itu harus disiplin...!!!
Menulis itu adalah Menulis adalah Menulis adalah Menulis adalah menulis adalah menulis adalah menulis 
Intinya, menulis itu ya menulis, proses berulang dari menulis... 

Oke, materi di kelas #1 ini adalah back to basic, yaitu apa itu cerita dan Ide/Premis...
Gue sempet bingung setengah idup mati saat dia menjelaskan dengan bahasa tingkat tinggi, apalagi saat dia menyebutkan nama tokoh sastra ataupun judul film yang belum pernah gue denger sebelumnya. OOT banget deh gue.... But for the sake of workshop fee yang udah gue bayar,  gue catet dan telen itu semuanyahhh....Semoga ada waktu buat menelaah lebih jauh semua hal yang disampaikannya kemarinnn...

So, Back to materi...
Cerita itu apa...? Apa yang membedakan cerita dengan tulisan lain yang non cerita...?

Jadi teman-teman, dari hasil catatan gue kemarin, Cerita itu ---- Punya Karakter, Ada Konflik, dan Ada Tujuannn.... 

So pertanyaan selanjutnya adalah, gimana supaya inspirasi membuat cerita itu hadir...?
Start it with "What If" question...
Then What Next
and What next... dst dst...

Salah satu form mengenai ide/premis dari cerita yang disampaikan oleh Frank Deniels, "Somebody want something badly but having a hardtime while getting it..."

Satu lagi yang gue inget banget, ide/premis yang dibuat sebagai dasar dari sebuah cerita harus spesifik...
Sebuah premi yang kuat memiliki ciri-ciri 
1. Plawsibility (kemungkinanannya bisa terjadi)
2. Inherent conflict
3. Got emotional appeal
4. Otentik (sesuatu yang khas dari penulis itu)

Nahh, setelah kelas #1 tersebut, gue dapet Pe-er untuk menentukan ide/premis dari sinopsis cerita yang gue kirim sebagai salah satu syarat ikutan workshop... serta menentukan premis dari film Toy Story 1...

So, wait for the 2nd class
Kata Bang Aris, workshop kali ini dia analogikan dengan kegiatan gym, jadi harus disiplin, dan dia akan bertugas sebagai advocat judge yang mengobrak-abrik tulisan kami semua dengan satu tujuan, semua peserta workshop bisa terasah dan terlatih menjadi script writer yang handal #ehem, semoga saja, Aminnn




You Might Also Like

2 comments

Popular Posts