Kenari Kecil dari Kalabahi ... Cerita Balik

6:42 AM

Kenari Kecil dari Kalabahi, judul buku ini begitu eye catching buat saya. Diantara banyak buku yang terpajang rapi jali di rak salah satu toko buku paling menjamur di Indonesia, mata saya langsung tertuju ke buku yang satu ini dan rasa penasaran segera menghinggapi kepala, "Apa ya isinya...?". Don't judge book by its titled itu bener, tapi jangan salahkan mereka yang penasaran dengan isi sebuah buku hanya dengan melihat judulnya :). Tidak perlu waktu lama sampai akhirnya saya meminta tolong kepada petugas toko buku untuk membuka sampul plastik kemudian melirik sekilas isi buku yang dikarang oleh Bartolomeus Marsudiharjo dan kawan-kawan ini. Dan memang benar, buku setebal 144 halaman ini memang sesuatu.

Mengutip kalimat yang tertera disampul belakang, "Buku ini merekam kehidupan anak-anak dan kaum muda dari sejumlah provinsi. Ada Helena Fidelia yang baru berusia enam tahun dan tidak mau lagi terkungkung oleh kebodohan, Cucu Suryaningsih yang harus menjalankan peran sebagai pengganti ibunya saat usianya 11 tahum, Boni Lokobal yang impiannya hampir terkubur saat kakinya nyaris diamputasi, atau Marthen Sambo lulusan terbaik yang pernah dilarikan ke rumah sakit di tengah malam karena perut kosongnya hanya diisi air putih"

Mereka berbagi tentang makna perjuangan, ketegaran, dan imajinasi

Buku ini belum selesai saya baca. Baru sekitar 11 cerita dari sekitar 20an cerita inspiratif yang sudah selesai saya baca. Meskipun begitu, keinginan untuk menulis ini tidak bisa ditahan lagi, hehe. 

Ya, buku ini berisi cerita tentang anak-anak dari berbagai pelosok Indonesia yang dengan segala keterbatasan yang dimiliki (umumnya keterbatasan ekonomi juga lingkungan geografis a.k.a terpencil) memiliki semangat juang yang tinggi untuk bersekolah, untuk maju. Tidak peduli seberapa sulit kondisi keluarga mereka dari segala sisi, tidak peduli seberapa jauh jarak tempat tinggal dengan sekolah, tidak peduli harus membagi waktu yang seharusnya diisi dengan kegiatan menyenangkan seperti bermain dan bersosialisasi dengan teman-temannya, anak-anak ini melenggang maju perlahan demi perlahan menuju tujuannya masing-masing, dengan berbekal satu keyakinan, Berusaha sebaik mungkin untuk memiliki hidup yang jauh jauh lebih baik dari hidupnya saat ini. Salut.

Saat membaca buku ini, ingatan saya sesekali maju mundur (masa lalu-masa kini) dan di sana, saya melihat banyak sekali anak-anak dengan kondisi keluarga yang sangat baik (dari kondisi ekonomi, letak geografis) tapi menyia-nyiakan kesempatan yang ada. Sedangkan di tempat lain, di waktu yang sama, ada jutaan anak yang memiliki semangat untuk maju tapi terhambat oleh sedikitnya kesempatan yang ada. Bersyukur, semakin ke sini, semakin banyak kegiatan pendidikan yang tidak melulu bertitelkan "komersil", yang membantu memajukan pendidikan anak-anak yang kesempatannya terbatas ini. Dan berdoa semoga semakin banyak kegiatan pendidikan seperti ini, supaya semakin banyak anak-anak yang tidak lagi terperangkap dalam lingkaran miskin yang membuat mereka jengah.

Lewat buku ini, ada seberkas harapan yang ingin disampaikan, untuk mereka yang sekarang dalam kondisi baik dari segala sisi, supaya bisa mendapatkan pelajaran untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan yang ada (bahwa masih ada banyak orang yang kurang beruntung dan menginginkan kesempatan yang dimiliki mereka saat ini), dan untuk mereka yang saat ini dalam kondisi yang tidak terlalu baik, supaya bisa mendapatkan inspirasi bahwa kehidupan yang ada saat ini bukan menjadi hambatan untuk maju, selama ada keyakinan dan kemauan serta usaha, jalan terang itu pasti akan terbuka. Dan terakhir, untuk kita-kita saya yang sudah tidak lagi masuk kategori anak-anak dan juga remaja, supaya bisa berkaca, bahwa ada banyak hal yang bisa diperbuat untuk mengisi kekosongan hati yang saat ini melanda #aishh #lagilagicurhatcolongan

Last but not the least, saya ingin mengutip kata-kata saya sendiri yaitu .... "Kita saat ini bukanlah siapa-siapa, tapi hal sederhana dari hati yang kita lakukan saat ini bisa membawa kita menjadi siapa-siapa suatu saat nanti... Kita saat ini bisa jadi dalam kondisi sulit luar biasa, tapi hal kecil yang kita lakukan untuk bertahan akan menjadi kekuatan kita di masa depan.... Jangan menyerah kawan, You and Me are not alone :)"

Selamat Tahun Baru
1 January 2014





You Might Also Like

0 comments

Popular Posts