It's time to say, "pletak pletok..meriah.."

7:04 AM



Gerimis membungkus Jakarta setelah panas seharian. Udaranya jadi menyenangkan. Adem. Persis muka si dia yang lagi ditaksir, teduh.. #eh? 

Sekitar jam setengah 3an, gue udah nangkring di salah satu kantin d daerah Senayan. Hari ini adik gue wisuda. Alhamdulilah ya. Setelah gagal di skripsinya yang pertama, berjibaku dengan materi skripsi yang kedua, mengatasi stress karna ini itu, akhirnya selesai juga ujiannya. Akhirnya wisuda juga. Ibarat jagung yang berubah jadi popcorn, "pletak pletok meriah..!". Alhamdulilah.. 

Momen wisuda itu emang spesial. Semua keluarga pengen ada di saat itu meskipun ya kapasitas gedung cuma buat orangtua. Mereka, dengan senang hati menunggu diluar, ga mau ketinggalan momen. Seperti sekarang ini. Hampir semua tempat dipenuhi keluarga2 para wisudawan. Lelah pasti, tapi itu kebayar saat ngeliat orang yang disayang muncul di layar LCD dengan toga kebanggaan, berjalan tegap ke depan para guru besar, dengan senyum paling menawan, nyes banget. 
"Itu mamang ada di sana..!", teriak salah seorang anak yang sejak beberapa waktu berdiri di depan layar, menunggu pamannya muncul (syukurnya wajah pamanx ketangkep kamera, coba kalo ngga?kesian juga ya). Si anak pun tertawa girang dan memeluk ayahnya, sambil terus mengulang kata2nya barusan, "iya, ada mamang..!". Sebegitunyakah? Mungkin lebih dari itu rasa bangganya. 

Buat orangtua, melihat anaknya berhasil menyelesaikan apa yang udah dimulai dengan penuh rasa tanggung jawab itu sesuatu. Priceless. Meskipun hasilnya ga outstanding, mereka tetap bangga. Karena buat orangtua, proses yang dilalui selama kuliah kemarin lebih penting dibanding sekedar memperhitungkan nilai akhir. Hasil itu penting, tapi menghargai proses itu jauh lebih penting. 

Buat adik yang melihat kakaknya di wisuda, ini adalah inspirasi. Kelak mereka ingin berada di momen yang sama seperti hari ini. Dan buat keluarga yang lain, ini adalah suatu hal yang membanggakan. Ga peduli nama perguruan tinggi di mana anak2 mereka bersekolah, elite atau ga elite tetap membanggakan. 

At the end of word, It's not the end. It's just a new beginning. Panjangnya proses yang dilalui untuk bisa sampai ke hari ini sulit ke ukur. Banyaknya peluh dan air mata yang jatuh udah ga keitung. Senang susah bolak balik mengiringi proses. Kelak, semua hal tadi akan dilalui lagi. Di tahapan hidup selanjutnya. But, don't worry, be happy. You're not alone. 

Happy graduation day my little brother, we are proud of you :) 

Tuesday, December 18, 2012

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts