Random Talk #24

5:50 AM

Minggu, 10 Agustus 2014

Well Hei, I need to freeze the time...

Gila, waktu meluncur ga pake tedeng aling-aling! Rasa2nya baru kemarin pulang kantor dengan wajah sumringah khas hari Jum'at, kini harus berhadapan kembali dengan kenyataan minggu malem yang artinya senin akan segera datang..*ngumpetdibalikkulkassampebeku

Ada beberapa kejadian di Minggu kemarin yang bikin jumpalitan rasa namun semuanya bermuara ke satu hal, "Apa sih niat dalam setiap perbuatan yang lo lakuin, Din...?"


Rabu kemarin, gue ikutan interview program volunter yang diadakan oleh perusahaan dengan satu tujuan membantu saudara-saudara kita yang ada di Filipina, yang beberapa waktu lalu terkena musibah Topan Haiyan alias topan Yolanda, salah satu topan paling kuat yang menghantam Filipina dalam rentang waktu sepuluh tahun terakhi (bagian sepuluh tahun terakhir gue ngarang sih). Kerusakan parah terjadi di sana, yang katanya kerusakannya ini mirip-mirip tsunami di Aceh. Kebayang kan proses recoverynya akan memakan waktu berapa lama? Nah, sebagai bagian dari tanggung jawab perusahaan, kantor berencana mengirimkan volunter ke sana untuk membantu (meski sedikit) proses recovery sarana dan prasaran di Filipina, tepatnya di Bantayan Island.

Awalnya, gue ga niat ikut program ini. Tetiba saja ilham itu datang. "Ahaa, jalan-jalan gratis ke Filipina, yah, bantu-bantu dikit jadi volunter tidak mengapa...!!!"

Ini nih niat yang dari awal salah banget, dan mungkin karena niat yang ga lurus ini juga makanya segala macam proses yang gue ikuti tidak berjalan mulus. Interview Rabu kemarin masuk kategori "worst interview ever" dengan jawaban super absurd dan memalukan. Gue sendiri aja enek banget dengan interview kemarin, gimana para penilainya coba?

Yah, pengalaman kemarin menjadi pukulan besar buat gue pribadi dan membuat gue berpikir, "Mari luruskan niat mulai hari ini...".

Kejadian lainnya adalah, gue mendapatkan tugas mulia dari yang maha kuasa bos no #1 di kantor buat bikin paper yang sejujurnya papernya itu pun gue ga menguasai *nangisbombaysambilmakankacang
Jumpalitan rasanya mengejar ketidakngertian itu, sampai-sampai tugas-tugas harian terabaikan *well hei, gue hanya manusia biasa yang ga bisa multitasking kalau harus baca! *sebut aja ini pembelaan diri, tapi yahh klo bukan gue sendiri yang membela diri, siapa lagi yang akan membela?*terjun bebas aja din!

Maka berusahalah mengejar ketertinggalan itu. But hei, gue capekkk dan merasa tertekan! Gue pun nyampe di satu fase bertanya seperti ini, "Lo, mati-matian ngerjain paper ini, sampe rela mantengin materi bejibun, maksa otak mikir, plus mengabaikan tugas rutin dikantor tuh buat apa sih...?"

Lama gue pun berpikir, dan terjadilah perbincangan absurd antara my right hand (ngikutin jejak ini)
My Right Hand disingkat MRH : Udah nemu jawaban kenapa lo ngelakuin ini semua?
Dini : Kayaknya gue takut dimarahin bapak klo kerjaan ini ga kelar
MRH : Oh, jadi seperti biasa ya, Din, lo ngerjain karena lo takut.. takut sama penilaian orang!
Dini : Oh myy, yah gw emang takut terus kenapa?
MRH : klo lo ngerjain sesuatu karena takut, lo akan tertekan seperti buldoser yang menekan aspal
Dini : Ha?
MRH : Maksudnya adalah, lo nyadar ga sih, lo ngerasa tertekan ngerjain ini semua?
Dini : Banget!
MRH : Nahhh....
Dini : Nah apa myy?
MRH : Nah, soalnya lo ngerjainnya ga pake hati... niatnya bengkok!
Dini : Bengkok gmn, orang gw aja ngga pake niat pas ngerjain ini
MRH : tshahhhhh!! susah emang ngomong sama lo, Din!
Dini : Baiklah, jadi gimana?
MRH : Jadi gini... perasaan tertekan yang lo alami saat ini bersumber pada satu hal, lo ngelakuin ini semua dengan niat "supaya kerjaan beres ga dimarahin bos", padahal seandainya lo rubah niat itu untuk menjalankan amanah plus belajar pasti kerasanya beda
Dini : Sok tahu!
MRH : Terserah looo dehhh...!!
Dini : Jadi, gimana dong?
MRH : Tarik nafas yang panjang, dan luruskan niat. Niatkan ini semua untuk menjalankan amanah, dan sebagai proses pembejalaran. Don't push your self to hard juga untuk ngerjain ini. Lo bukan orang sakti yang dalam waktu beberapa waktu bisa ngejar ketertinggalan ibarat anak SD yang langsung jadi profesor! Ada proses, ada tahap! Dan lepasin semua ketakutan yang ngegantung di hati dan pikiran lo itu.. pikiran kita kadang lebih kejam dari kenyataan sesungguhnya, Din!
Dini : Panjang amat my!
MRH : Think about it!
Dini : Anyway, thank you... muahhh!!

dan percakapan pun beakhir
dan kesimpulannya adalah
Gue perlu meluruskan kembali niat dari setiap hal yang gue lakukan selama ini

Selamat Hari Ini
Mari Luruskan Niat :)

You Might Also Like

1 comments

Popular Posts