Ini Cerita Tentang Kara

8:05 AM

Potongan dialog Kara dan Indra...

"Cantik itu dari hati, Ra.. Semua yang tampak diluar itu akan kelibas dengan apa yang terpancar dari dalam diri kita masing-masing...", Indra mulai mengeluarkan semua unek-uneknya yang tertahan lama, semenjak Kara ribet dengan urusan make over, kecantikan tanpa definisi yang jelas, dan cerita lama tentang sang mantan calon suami yang tiba-tiba hadir lagi tanpa diundang, persis jalangkung.

"Lo tau?", Indra mulai serius, dahinya berlapis empat.

"Nggakkk..!", seperti biasa, Kara menanggapi asal pertanyaan Indra.

"Serius nihh gue, Ra..!", wajah Indra mengkerut.

"Iyaa, sorry.. Tau apa?", nyali Kara untuk asal-asalan menanggapi sahabatnya itu menciut. Dahinya dibuat berlapis empat juga, supaya kelihatan serius.

"Gini ya..Kadang kita itu suka ribet sendiri. Pengen jadi cantik atau ganteng.. Tapi.. Cantik versi siapa? Cantik versi gebetan atau mantan yang sebenernya ga bener-bener kita tahu seperti apa penafsiran gebetan itu tentang kata "cantik" atau "ganteng". Setengah mati ngobrak-ngabrik baju yang ada di dalam lemari cuma untuk memenuhi keinginan tampil cantik di depan orang lain. Ngerombak total diri lo, jadi beda cuma demi dapet komen positif dari orang lain yang belum tentu tulus. Coba deh, lo pikir ulang. Are you seriously wanna be like this? Jawabannya ga selalu yes, I'am, Ra.. "  

" Jadi maksud lo, gue ni salah, Ndra? Lo tuh ngga ngerti, lo ga pernah ada diposisi seperti gue ini. Gue,  cewek super tambun yang sebentar lagi bakal ketemu mantan calon suami dengan pasangannya yang super cantik. Mau dipasang di mana muka gue ni, Ndra?"

"That's the point.. Ya pasang aja muka lo di tempat seharusnya, gitu aja kok repott.."

"Indraaaa, gue nih seriusss..!!"

"Gue juga serius, Ra..lo pikir dari tadi gue lagi ngelawak, hah?"

"Temen gue pernah bilang gini, Ra.."Kadang tu kita suka lupa. Lupa kalo kita itu perlu hidup dengan cara kita sendiri. Kita kebanyakan mikirin persepsi orang lain terhadap kita, yang pada akhirnya bikin kita lupa, lupa mau kayak gimana hidup ini kita jalanin". Gue bukannya mau bilang, "ga perlu dengerin pendapat orang", bukan itu. Gw cuma mau bilang, "please, jangan kerangkeng diri lo dengan kekhawatiran tentang penilaian orang lain terhadap diri kita sendiri.."

"Yang pada akhirnya, akan membuat Gue kehilangan Kara yang gw kenal...!!"

"Maksud lo, lo ga seneng liat gw berubah jadi cantik? Jadi lebih baik?", emosi Kara mulai naik mendengar semua penjabaran Indra yang seolah menyudutkannya.

"Bukan gitu, Ra. Gue seneng lo berubah jadi lebih baik. Tp gue ga seneng dengan niat lo setengah mati berubah jadi lebih baik cuma bwt gengsi lo ke mantan lo yang namanya siapa itu?  Lo tuh cuma ngebohongin diri lo sendiri.. Nyape-nyapein diri sendiri buat dapetin hal semu "komen positif" dari sang mantan.."

"Ra, kita tuh kadang sering terjebak oleh perasaan praduga yang dibuat sendiri. Capek hati dan pikiran karena sesuatu yang semu, ga jelas rupanya. Lebih parahnya, sesuatu yang semu itu kita sendiri yang ciptain.."

"Kapan terakhir kali kita benar2 utuh menjadi diri sendiri? Tanpa praduga. Tanpa mengkhawatirkan persepsi orang. Tanpa gengsi berlebihan. Tanpa ketakutan terkalahkan. Tanpa embel2 yang membuat diri ribet setengah mati, dan terpenjara. Ga capek terus-terusan ngebohongin diri sendiri? Feel free. Bebasin semuanya sebaik mungkin, seperti yang diinginkan oleh diri pribadi. Tanpa tendensi apapun. Please, Kara.. Udah cukup lo nyiksa diri lo kayak gini demi seseorang dari masa lalu, demi menjaga gengsi..."

Mata Kara berair. Sesuatu yang telah lama ditahan akhirnya tumpah juga.

"Gue tuh cuma pengen keliatan baik dan cantik di depan mantan, Ndra..", Kara terisak. "Salah gue, Ndra..?"

"Ra, ga ada yang bilang lo ga baik sekarang, ga ada yang bilang lo ga cantik, kan? Pikiran lo yang membuat lo jadi ngerasa ga baik dan ga cantik.."

"Percaya sama gue, just be your self.. Semuanya akan baik-baik aja.."

"Dan please..", Indra melanjutkan. "Jangan berubah demi orang lain, Ra.. Sakit dan berat rasanya.."


You Might Also Like

0 comments

Popular Posts