Daily Story 9 - Semua Ada Ilmunya (celotehan ringan dari ojek online)

4:13 PM

Hujan konsisten mengguyur Jakarta dan daerah sekitarnya seminggu terakhir.  Bahkan di weekend kemarin hujannya awet banget, bikin galau mau keluar rumah atau stay aja di kasur, selimutan, nontonin oppa-oppa dan ahjussi kece, yang bisa bikin baper seminggu kedepan 😁 #nyess. Ditambah Nyokap yang udah ngedumel aja di dapur sedari pagi dengan konten kurang lebih begini, "mo kemana sih? Ngapain? Ujannnnn, maksain banget!", yang dumelannya ini sempet bikin hayati hampir menyerah dan tetap diam di rumah. But hei, pada akhirnya, demi menepati sebuah janji (bukan janji suci tapinya) dan motivasi Siapa tahu nanti ketemu jodoh di sana, saya pun bergerak dari kasur, menuju kamar mandi, beberes, dan ready steady to go chauuu. Pergi dari barat ke timur mencari pujaan hati #lah

Karena ini adalah weekend, maka adik saya break sebentar jadi pengantar setia kakaknya (yang masih ikhtiar mencari soulmate pengantar jemputnya itu :)). So, ojek online pun menjadi solusinya. "Emang ojek online udah ada di Cibinong, Din?", pertanyaan yang suka dilempar oleh mereka yang kebanyakan ngga tahu Cibinong itu sekeren apa 😎.

Alhamdulilah, meski berada di pinggiran kota, daerah perbatasan Ibukota, Bogor, dan Depok, babang-babang ojek online di Cibinong udah banyak bro-sist ga usah sedih. Jadi kurang dari 5 menit, babang ojek online udah bisa diakses dan 5 menit kemudian kami berdua (so sweet ya) sudah ready steady go menuju Stasiun Depok Lama.

Ini kali kesekian plus plus saya naik ojek online. Agak sedikit merasa bersalah karena pindah ke lain hati, dari ojek pangkalan ke ojek online. Tapi perasaan bersalah ini terkalahkan oleh perasaan miris setiap bayar ongkos ojek pangkalan yang lebih mahal berlipat-lipat dibanding ojek online. Jadi, maaf abang ojek pangkalan, sayah ikut perubahan #halah.

Cerita soal naik ojek online, tiap-tiap dari kita pasti punya pengalaman sendiri-sendiri, bener ngga? Alhamdulilah selama ini saya selalu nyaman dan aman naik ojek online, ngga pernah (dan semoga ngga akan ngalamin ya dong) kebagian supir yang ugal-ugalan, atau yang hobinya manyun aja, atau yang centil. Kebanyakan dari supir ojek online ini kalem-kalem, fokus nyetir, ngga neko-neko. Sebagian lainnya hobi banget ngajak ngobrol penumpangnya. Nah kalo ketemu supir model begini (read : hobi ngobrol), kadang saya nanggepin obrolan mereka dengan ber-hoo ria menghormati, kadang jawab sebentar lalu diem (sebuah kode keras biar abangnya ngga ngajak ngobrol lagi), dan kadang ikut arus, alias ikutan ngobrol juga. Kesemuanya itu tergantung mood dan tema obrolan yang dilempar.

Seperti weekend kemarin,  abang ojek online yang saya tumpangi masuk dalam tipe abang yang hobi ngobrol, mulai dari rumah sampai Stasiun ngajak ngobrol terus. Awalnya saya cuma ber-hoo-ria menghormati, tapi eh tapi, ujung-ujungnya sampai ikut nanya juga 😂.

Why? Karena tema obrolannya cukup berkesan, kena banget ke saya yang penuh kegalauan ini, sampai akhirnya saya putuskan buat ditulis di blog, yah siapa tahu bisa bermanfaat buat yang kebetulan lagi mampir di sini, hehehe.

Well, mari kita sebut aja abang ini mawar (ga selamanya mawar itu perempuan kan?) dan berikut ocehannya yang dilontarkan sepanjang perjalanan Cibinong - Depok di bawah langit Sabtu yang mendung mendayu - dayu.

*Intro*

.......
.......
.......

M : dari semua kerjaan yang pernah saya lakuin, ojek online ini yang paling enak, Mba
D : hoo gitu pak
M : Iya, dulu saya kerja 15 taunan di pabrik, jadi enginer mesin ketel uap, itu loh mesin pembersih kotoran pabrik kayak debu, sisa2 potongan kain, benang yang kecil-kecil
D : hoo gitu pak (yang kedua)
M : Iya, mba suka liat cerobong asep dipabrik? Nah itu tempat pembuangan limbahnya. Klo ngga dikeluarin itu kotoran, pegawai pabrik bisa pada sakit penafasan semua
D : hoo gitu pak (yang ketiga)
M : iya mba, saya enginernya dulu. Nah cuma taon 2000an pabriknya bangkrut, saya di PHK dan akhirnya mulai ikut usaha catering, belajar bareng temen, jadi pengantar makanan catering jabodetabek. Yah, bisa dibilang saya udah pengalaman deh urusan jasa pengantaran kayak begini
D : Ho gitu (yang keempat). Terus kenapa pindah dari catering pak (inisiatif nanya biar ada variasi jawaban)
M : karna bos saya ngga naikin gaji saya mba. Dia bilang biaya buat beli makanan mahal, harga-harga pada naik semua,  pengeluaran besar, pemasukan ngga naik segede pengeluaran. Karna gaji saya di kantor lama ngga naik-naik juga, akhirnya saya berenti dan ngelamar deh ke ojek online.
D : Loh emang penghasilan ojek online bagus pak?
M : Bagus mba, Alhamdulilah. Saya bisa dapet 9 jutaan lebih per bulan, terus biaya operasionalnya sekitar 20%an, udah termasuk makan, bensin, pulsa, perawatan
D : gede juga ya pak
M : Iya mba.
D : tapi kata abang ojek online yang lain, ngeojek online kayak gini rugi, ga plas plus (ngikutin bahasa ayah saya soal untung rugi). Terus motornya bisa ganti berkali-kali
M : kata siapa mba? Tergantung orangnya! Ini saya motornya udh dari lama masih awet. Pokoknya mba perawatannya itu yang kudu rajin. Oli ni ya, dipake buat 15 hari, harus ganti tiap 15 hari, pokoknya harus apik. Klo ngga rusak dah tu mesin. Alhamdulilah motor saya awet2 aja
D : hoo gitu pak
M : iya, mba tahu ngga? Buat jadi driver ojek online itu ada pelatihannya dari kantor loh. Saya dulu pas daftar ikut pelatian dulu mba. Jangan salah loh, semua itu ada ilmunya mba!
D : Deg... berdengung dalam hati semua itu ada ilmunya

seolah mengerti apa yang saya pikirkan, abang ojek yang satu ini melanjutkan percakapan

M : iya, sebelum saya gabung ojek online, saya pelajarin dulu kayak gimana sih ojek online ini, nanya-nanya, baca. Nah pas udah masuk jadi supir ojek online, kalau ada apa-apa saya hubungin kantor mba, bukan nanya ke temen, karena kadang nanya ke temen suka tambah bingung. Pelan-pelan saya pelajarin, saya ngertiin, dan alhamdulilah dapet ni selahnya
D : -ngangguk-ngangguk sendiri dibelakang-
M : pokoknya mba semua kerjaan itu ada ilmunya, klo ga dipelajarin ya ga akan maju-maju. Jadi ojek online itu tiap hari belajar mba, ketemu orang baru, gimana ngatasin penumpang yang beda-beda karakternya, terus kita sebagai supir juga belajar gimana harus bersikap sama penumpang, penting itu! Klo supir yang semangat, dia bakal hepi mukanya, ngajak ngobrol penumpangnya, muka ngga bete, dibawa hepi, ngga pilih-pilih penumpang. Penumpang kan jadi seneng, mba. Alhamdulilah, rezeki mah bakal ngikutin, mba! Ibaratnya niat pas berangkat dari rumah nyari rezeki, nah siapa tahu bisa dapet rezeki tambahan berangkat umroh
D : Amin pak

...

dan masih ada percakapan lain yang dilontarkan bapaknya ini, dan menguap ke udara karena saya masih terbuai (halah bahasanya), masih terkesima soal kesederhanaan bapak itu tapi punya cara pandang yang sederhana juga tapi mengena. Soal dia, bekerja, dan ilmu. Saya ngga pernah berpikir sebelumnya kalau buat jadi ojek online itu ada ilmunya, saya kira (maaf) selama punya aplikasi, bisa bawa motor, langsung cuss aja. Ngga perlu repot-repot belajar soal materi kerjaan seabrek macem gunung (curhat). But hei, in reality ada orang-orang macam ini yang sekecil apapun hal yang dia kerjain, dikerjain dengan serius, dan ngga lupa buat cari ilmunya.  Mantap jiwa kalau kata anak grup sebelah mah.

Lalu apa, Din? Yahh, ngga perlu dituliskan di sini lah ya, take a look at your self, hehehe. It is kind of getting inspiration dengan harga murah meriah IDR 13.000, ongkos dari Cibinong ke Depok, cash!

Thank abang ojek untuk celotehan ringannya. Karena semua ada ilmunya, maka .... (silakan dilanjutkan sendiri ya :))

Happy Tuesday, 14 Feb 2017

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts